• LinkedIn
  • Join Us on Google Plus!
  • Subcribe to Our RSS Feed

Kamis, 25 April 2013

Wonderful Pink Beach

21.27 // by Wisnu Yuwandono // , // 7 comments


Pink Beach, Komodo
Pink Beach, Pulau Komodo
Kapal sudah bergerak keluar dari Loh Liang, teluk yang menjadi pintu masuk ke Pulau Komodo. Selepas perairan yang cukup tenang itu air mulai berarus lebih kencang. Padahal langit di depan sana sangat cerah sedangkan Loh Liang dan Pulau Komodo di belakang tiba-tiba saja menjadi gelap. Memang alam tidak bisa diprediksi sifatnya.

Pink Beach, Komodo
Pantai Pink di depan sana
Ada satu tempat di Pulau Komodo yang terkenal keindahannya. Pantai unik dengan pasir yang halus dengan warna yang lain dari biasanya. Umumnya pasir pantai berwarna hitam gelap atau putih susu akan tetapi pasir di pantai ini berwarna agak merah. Karena itu orang di sekitar sini menyebutnya dengan Pantai Merah, akan tetapi pantai ini lebih terkenal dengan nama Pink Beach.

Laju kapal mulai pelan saat memasuki perairan Pantai Merah. Selain karena memang sudah mau sampai di daratan, kapal harus menghindari karang-karang yang tumbuh rapi di bawah sana, salah arah sedikit saja bagian bawah kapal bisa menabrak karang. Bukan hanya kapal akan rusak tapi terumbu karang juga akan hancur yang tentu saja akan butuh waktu sangat lama untuk menumbuhkannya kembali.

Saat itu Pink Beach begitu sepi, selain kapal dari rombongan kami ada satu kapal lain yang disewa para bule. Ada juga beberapa perahu kecil yang masing-masing didayung oleh satu orang. Ternyata orang itu adalah penjual cinderamata dari Pulau Komodo. Mereka menjual patung komodo dan kalung atau gelang dari mutiara. Rumah tinggal mereka ada di pulau ini juga, yaitu di Kampung Komodo. Jaraknya memang tidak terlalu jauh, tapi mereka hanya menggunakan perahu yang di dayung, itulah yang membuat saya salut dengan kegigihan mereka mencari nafkah.
Pink Beach, Komodo
Penjual cinderamata
Setelah kapal kami bersandar di pantai, satu per satu penumpang turun untuk menikmati pasir yang cukup terkenal ini. Untung saja kapal kami bisa bersandar karena memang tak begitu besar ukurannya, mengingat jika kapal lebih besar bisa saja tidak bisa sampai ke pinggir karena sudah terbentur karang. Apalagi kalau air sedang surut, kapal hanya bisa berhenti di tengah laut. Lalu berenang untuk sampai ke pantai.

Saya membayangkan pasir di Pink Beach memang terlihat jelas warna pinknya, akan tetapi ternyata warna pasir pink tersamar di antara pasir putih. Untuk melihat perbedaannya memang kita harus mendekatinya. Pasir dengan warna pink itu berasal dari coral yang juga berwarna pink yang ada di sekitar pantai. Karena coral tersebut hancur terkena proses alami selanjutnya menjadi butiran-butiran kecil sebesar pasir dan berbaur dengan pasir putih yang ada di pantai. Coral yang hancur itu cukup banyak sehingga pantai pun terlihat berwarna pink.
Pink Beach, Komodo
Indah bukan ?
Pink Beach, Komodo
Pasir yang berwarna pink
Pink Beach, Komodo
Ini nih yang coral yang bikin warna pasirnya jadi pink
Tidak banyak pantai seperti ini di dunia. Ada yang bilang hanya ada tujuh saja, meskipun info itu juga belum valid kebenarannya karena setelah pantai ini menjadi terkenal, mulai ada daerah lain yang juga mengumumkan memiliki pantai yang hampir sama karakteristiknya. Ada Pantai Tangsi di Lombok dan ada pula satu pantai di daerah Aceh yang memiliki pasir berwarna pink.
Pink Beach, Komodo
Mau lompat2 juga ga masalah :))
Pink Beach, Komodo
Terumbu karang yang terlihat dari atas kapal
Selain pasirnya yang menjadi daya tarik, tempat ini juga menawarkan pemandangan bawah laut yang mempesona. Terumbu karang yang banyak dan masih sehat tentu saja menarik sekali untuk diselami meskipun dengan snorkeling saja sebenarnya sudah bisa melihat keajaiban bawah laut ini. Apalagi air yang begitu jernih membuat apa yang ada di dalamnya seperti melambai-lambai untuk mengajak bermain bersamanya. Sayangnya kami tak sempat basah-basahan berenang di atas permukaannya untuk menjadi saksi atas warna-warni coral dan hewan laut yang ada di bawah sana. Waktu sudah beranjak sore dan kami buru-buru hendak menuju Pulau Kanawa.

Pulau Komodo yang orang-orang mengenal karena keganasan sang hewan legendaris itu juga mempunyai tempat yang begitu indah, Pink Beach namanya.

7 komentar:

  1. Keren banget ya itu pantainya, snorkeling kayaknya mantap tuh di situ.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali om,,sayangnya saya g sempet snorkeling dsana :(

      Hapus
  2. keren terumbunya, jernih banget lautnya

    BalasHapus
  3. pengen banget kesana, kapan ya..??

    BalasHapus
  4. Ini salah satu destinasi yang wajib dikunjungin :D

    BalasHapus