• LinkedIn
  • Join Us on Google Plus!
  • Subcribe to Our RSS Feed

Senin, 19 November 2012

Lebih Baik Jangan ke Pulau Sempu

23.00 // by Wisnu Yuwandono // , // 147 comments


Pulau Sempu, Malang, Jawa Timur
Pulau Sempu
Suara mesin perahu meraung-raung keras ditambah bau solar yang mengudara di sekitar dek perahu menjadi kawan pagi itu. Sementara sang nahkoda sibuk mengendalikan arah perahu agar tetap sesuai jalur. Perahu dengan mesin yang telah dimodifikasi ini sepertinya susah untuk melaju dengan cepat sehingga tidak digunakan untuk mencari ikan di lautan karena pasti tidak akan mampu menghadang ganasnya gelombang Samudera Hindia. Di perairan yang tenang saja dia sudah ngos-ngosan.


Pulau Sempu, Malang, Jawa Timur
Pulau Sempu adalah daratan yang ada di sisi kiri
Pulau Sempu letaknya berada di selatan Malang, dan masuk bagian dari Kabupaten Malang. Pantai Sendang Biru adalah dermaga untuk menuju Pulau Sempu, dari sini tak butuh waktu lama untuk menyeberang, tak sampai setengah jam itupun dengan kecepatan perahu yang begitu pelan.

‘Catat nomor HP saya itu’, kata Pak Sunar, sang pengendali perahu yang mengantar kami menuju Pulau Sempu sambil menunjuk barisan angka yang tertulis di dek perahu.

‘Nanti kalau sudah mau pulang, telpon saja, akan saya jemput lagi.’ lanjutnya.

Pulau Sempu, Malang, Jawa Timur
Pak Sunar sang nahkoda
Banyak perahu yang bertugas mengantar pengunjung menuju Pulau Sempu. Perahu ini akan membawa pengunjung mendarat lalu akan kembali lagi ke Sendang Biru. Mereka akan menjemput lagi apabila ada panggilan telepon dari para penyewa perahu tadi.

Pulau Sempu adalah sebuah cagar alam yang memiliki luas sekitar 877 hektar di bawah naungan Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Provinsi Jawa Timur dan memiliki empat ekosistem yaitu ekosistem hutan mangrove, hutan pantai, danau dan hutan tropis dataran rendah.

Pulau Sempu, Malang, Jawa Timur
Suasana hutan di Pulau Sempu
Sekitar satu jam trekking melewati hutan yang masih lebat, sampailah ke tempat tujuan utama yaitu Segara Anakan. Laguna yang konon katanya begitu indah.

Glekkk.. Mood saya tiba-tiba hilang. Bagaimana tidak, melihat begitu banyaknya orang yang ada disana. Tenda-tenda berjejer bahkan seperti saling berebut tempat. Apalagi teriakan-teriakan dan gelak tawa dari para pemuda tanggung membuat suasana menjadi begitu gaduh. Pada dasarnya saya memang tidak terlalu suka keramaian, apalagi keramaian di tempat yang seharusnya tenang. Memang ini long weekend yang sudah diprediksi bahwa kunjungan ke Pulau Sempu akan melonjak, tapi tetap saja ini diluar perkiraan saya.
Pulau Sempu, Malang, Jawa Timur
Banyaknya tenda dan sampah yang ada
Teman-teman saya langsung nyebur melihat genangan air yang tenang dan bergradasi itu. Indah sekali memang. Sementara saya harus menunggu mood saya kembali baik.

Tempat yang begitu indah seharusnya dijaga dengan begitu baik, bukan berarti saya mengatakan harus menutup tempat ini agar tetap lestari, bukan itu. Tapi harus ada aturan ketat dimana apa yang anda bawa masuk itu jugalah yang anda bawa keluar. Hal ini harus diterapkan, mengingat banyaknya sampah yang berserakan di sekitar Segara Anakan, dari sampah bungkus permen sampai tas kresek banyak ditemukan, bahkan botol-botol beling juga ada.
Pulau Sempu, Malang, Jawa Timur
View yang 'agak sepi' ini baru saya peroleh ketika tengah hari ketika orang-orang sudah malas nyebur karena panas menyengat
Oke, sampah segitu memang ‘tidak terlalu’ mengurangi fungsi alam, tapi tetap saja sedikit apapun sampah akan sangat merusak sebagus apapun pemandangan. Sampah yang ada ditempat sampah saja terlihat mengganggu apalagi sampah yang berada beserakan di tempat yang seharusnya bersih. Rasanya tak ada artinya ketika bungkus permen yang saya makan lalu saya simpan di kantong celana sampai menemukan tempat sampah, sedangkan orang-orang dengan gampangnya membuang bungkus mie instan. 
Pulau Sempu, Malang, Jawa Timur
Pemandangan tengah hari
Tepat tengah hari kami meninggalkan Segara Anakan dan sejam berikutnya meninggalkan Pulau Sempu saat Pak Sunar kembali menjemput. Pesan saya lebih baik jangan ke Pulau Sempu kalau hanya untuk hura-hura dan anda tak mampu untuk menjaga kebersihannya.

147 komentar:

  1. mana fotoku????

    BalasHapus
  2. benar sekali kak, sekarang kondisi pulau sempu semakin parah, rusak karena sampah-sampah. sebaiknya BKSDA saatnya menjalankan cek bag untuk wisatawan yang akan kesana.

    tapi yang lebih penting bagaimana para pecinta alam dan wisatawan mengerti apa arti mencintai alam itu. bukan malah membuang sampah sembarangan.

    salam lestari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak yg kesana hanya agar terlihat keren d sosial media, dan mereka ini tidak mengerti akan pentingnya kebersihan,,
      terima kasih sudah mampir k blog saya

      salam

      Hapus
    2. setuju sekali mas, mereka cuma ingin eksis doang di dunia maya, biar dibilang WOW doang, tp efeknya yang gk bagus, nyampah!!!

      Hapus
  3. ayo ke sempu,, bersihin pulaunya -,-" *saya blom pernah kesana e ckckck

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayoooo :)

      eh masnya tinggal d bali ya??saya juga lho
      kalo jalan2 saya ikut mas,hehe

      Hapus
  4. banyak yg mengaku pecinta alam, tapi tak benar2 mengerti cara mencintai alam ya Mas? :(

    BalasHapus
  5. wah lama lama bisa hancur ya ni paradise kalau gak ada yang peduli. Para traveler juga kayaknya pada kepo euy,

    tapi makasih bro udah share, padahal taun depan ada mau ngecamp disana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg penting harus dijaga kebersihan disana,,
      kalau mau nyari tempat sepi sih kayanya sempu dah bukan pilihan apalagi pas weekend

      Hapus
  6. Pas kemarin Juli kesana kondisinya juga sudah banyak sampah, sangat prihatin dengan kondisi ini. Semoga petugas dari konservasi alam ini lebih memberlakukan peraturan yang tegas dan memberi sanksi yang tegas pula. Dan pesan buat yang ke Sempu harus peduli sama lingkungan juga, jangan hanya buang sampah sembarangan..

    BalasHapus
  7. kita sama bang, waktu ke Sempu 4 bulan yg lalu saia padahal berharap ketemu pantai yg sepi dan bersih, tapi ternyata oooh ternyata..

    BalasHapus
  8. yaps , sama . sampai di tempat saya sangat sangat terkesima liat tenda tenda berjajar di pasir putih segara anakan T.T

    btw , bisa ya mas 1jam perjalanan . saya kok sampai 6jam #sedihhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh masa sampe 6 jam??
      perjalanan menuju segara anakan menurut teman saya yg bawa jam(saya g bawa jam) sekitar 75 menit, sejam lebih dikit lah..

      Hapus
    2. Tidak hanya di pulau sempu saja mas banyak sekali tempat wisata" lainya di kota malang yg tempat buang sampah nya masi tdak terkendali

      Hapus
  9. menurut saya sih mas, nggak papa ke pulau sempu, asal nggak buang sampah sembarangan dan nginjak karang yang masih hidup. akan lebih oke lagi kalau sebaliknya dari sana, selain membawa sampah sendiri, juga ngambilin sampah yang ada ditemui di jalan. hehehe. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Poin pertama ttg boleh atau ngga,semua berhak berpendapat dgn alasan masing2,soalnya aturannya juga ga jelas sih,hehe
      poin kedua bagus sekali itu mbak :)

      Hapus
    2. Setuju dengan mbak Nindya Herdianti, seperti pada saat saya mendaki gunung. Semoga dengan kesadaran dari diri kita sendiri, orang lain juga ikut sadar. kalopun tidak juga sadar dengan kebersihan alam, yaa paling tidak kita tidak sama dengan mereka...

      Hapus
  10. waktu saya kesana beberapa tahun lalu sepi banget hanya ada 1 tenda, tp temen bercerita kalo awal tahun kmrn ke sana rame nya kayak pasar dan kotor.

    ini menjadi tanggung jawab kita semua untuk menkampanyekan bersih2 saat travelling atau apapun juga

    BalasHapus
  11. 4kali ksana fortunately,msh blm bnyak yg tau..,thx god,msh bersih.
    Sebenernya,msh bnyak pantai yg lbih awesome d area pulau sempu.,coba pantai panjang,arah kanan dr track k segara anakan..kmanapun tujuannya.,JAGA KEBERSIHAN,

    BalasHapus
  12. Saya ke Sempu awal tahun 2010 dan masih sangat indah pulaunya. Apakah sekarang sudah berubah??

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih ttp indah kok mas,,akan lebih indah lagi kalo sampah2nya tidak ada

      Hapus
  13. mudah2an yang datang kesempu bertanggung jawab menjaga kebersihan dan tidak merusak alam

    BalasHapus
  14. yah.. mang tu kesalahan kita sendiri, orang tu paling remehin sama sampah... se enaknya ajah buang samapah ,, tapi jangan salahkan alam yang tak indah gara" sampah... !!!

    BalasHapus
  15. Saya pernah kesana sekitar bulan Mei 2012. Beruntung pas kesana jalan tidak terlalu becek krn cuaca cerah dan pengunjung suepi tapi sampah tetep "ramai". Sayang ya, "kehebatan" alam tidak mampu dijaga oleh pengunjungnya.

    BalasHapus
  16. Mas, thx udah share tentang sempu, istimewa yaa.. :D
    Semoga kesampaian deh..
    Jangan meninggalkan apapun kecuali jejak..

    Salam dari pemuda Magelang..

    BalasHapus
  17. Mas, thx udah share tentang sempu, istimewa yaa.. :D
    Semoga kesampaian deh..
    Jangan meninggalkan apapun kecuali jejak..

    Salam dari pemuda Magelang..

    BalasHapus
  18. Sebagai suaut cagar alam, Sempu memang seharusnya ditutup untuk umum. Hanya terbuka untuk penelitian, dengan izin yang ketat pula harusnya. Tapi semuanya sudah terlanjur, pemerintah setempat juga sepertinya tidak terlalu berniat menjaga Sempu sebagai cagar alam selama mereka mendapatkan uang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, karena ktdktegasan pemrintah membuat masalah skrg mnjd smkin bertumpuk

      Hapus
    2. Dan sepertinya status Sempu sudah waktunya diturunkan menjadi taman nasional saja, dari pada jadi polemik. Lagi pula nasi sudah jadi bubur. Tapi kita tetap harus menjaganya dng baik, biar ga hancur.

      Hapus
  19. saya prnah kesana, lumayan banyak juga sampahnya, untuk itu minimal bawa pulang sampah pribadi kita, agar pulau sempu ttp bersih,
    salam rimba, salam lestari.

    BalasHapus
  20. memang kotor mas, makanya kalo kita kesana relakan memungut dan membawa pulang sampah orang-orang yang tidak bertanggung jawab, masa kalah sama turis asing yang suka mungutin sampah??

    BalasHapus
  21. sabtu depan saya dan teman teman unesa akan pergi kesana dan membersikan segara anakan tsb. trim atas infonya

    salam zosi unesa

    BalasHapus
  22. ijin masukin ke blogroll saya mas, terimakasih, tulisan dan fotonya bagus :)

    BalasHapus
  23. ups itulah anak muda zaman sekarang tauya hanya menikmati tanpa harus tau merawatya......

    BalasHapus
  24. tapi di sempu bagus? saya belum pernah kesana-,- .

    BalasHapus
  25. waahhh.. ini rame sekali broooo.. beda waktu saya pertama kali kesana..
    ini sampahnya parah euy :o

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang prnah k sana ta ean mbak,tpi kok gk ktmu ma q ya

      Hapus
  26. Wih rame banget ya padahal cagar alam ckckck....
    tapi sepertinya masih banyak tempat yang lebih bagus dari pulau sempu ini, IMO :D

    http://www.thedreamerblog.com

    BalasHapus
  27. kira kira biaya buat ke sempuh berapa ya mas, saya pengen kesana

    BalasHapus
  28. wah2 pemilik blog gampang banget bilang bawa sampah masing2, pdhl cuma dtg dan pergi, tidak menginap.

    bagi yg menginap itu barang bawaannya banyak mulai dr tenda, alas, perlengkapan.
    karena medannya berat, masing2 guide punya rute masing2. anda beruntung teman anda tahu jalur tercepat.

    bagi yg dapat guide yg tahu jalur lambat, dgn bawaan banyak benar2 harus mengeluarkan energi lbh banyak. makanya kebanyakan pengunjung terutama yg bru sekali dtg, kebanyakan meninggalkan sampahnya untuk mengurangi beban pas pulang.

    belum lagi bagi yg menginap kebetulan dapat jadwal air pasang, bs tidak tdur semalaman dan mengurangi waktu mengumpulkan energi utk pulang. seharusnya dsana itu disediakan tempat sampah untuk umum, sehingga lingkungan yg kotor bs diminimalisir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aneh... Memang yg seharusnya disalahkan adalah pihak pengelolanya. Tp apakah dengan seperti itu, kita tidak bertanggungjawab dengan sampah kita sendiri. Saya kira kalo "Anonim" berpikir seperti itu, tetep bagaimanapun juga, membawa sampah itu lebih enteng, karena isinya kan sudah Anda makan. Seberapa berat sih membawa bungkus kosong??? Bener-bener aneh...

      Hapus
    2. Lha kita bawa botol ber liter2 isi nya pas berangkat aja kuat,,, masak tinggal bawa bungkus kosongan aja ga kuat ? kebanyakan orang risih mungkin ya bawa sampah,,, kasihan sempu

      Hapus
    3. itu si mas anonim, gak ngerti apa2... lucu sekali..... :)

      Hapus
    4. haha, keliatan ya mr/mrs anonim ini egois sekali. Siapa suruh menginap? siapa suruh bawa barang bawaan banyak? pulaunya lo ngga minta. Itukan inisiatif anda sendiri untuk berlibur. Seharusnya bisa bertanggung jawab dong atas inisiatif yang diambil.

      Hapus
    5. suruh jalan jalan ke mall aja nih... berakakakakakak

      Hapus
  29. sepertinya mayoritas destinasi wisata akan seperti ini kalau gak ada kepedulian..
    kemarin ke Sawarna udah beda banget dengan 2 tahun yang lalu....

    BalasHapus
  30. Setuju sama semua yang pro perilaku bersih dan bertanggungjawab. Sayang sekali hal itu masih perlu terus ditumbuhkan bersama,banyak fasilitas dan tempat-tempat umum menjadi cerminnya...jadi kotor, semrawut dan tidak lagi memberikan kenyamanan setelah ramai dikunjungi orang. Makasih sudah berbagi, dan mengingatkan kepada kitasemua agar semua anugrah tetap terawat dan bisa dinikmati keindahan dan kenyamanan suasananya. Yang terbaru saya alami di Bromo...tempat indah menuju kawah gunung saat saya kesana liburan lebaran kemarin dipenuhi oleh kotorang kuda. Apa yang bisa kita lakukan ya?

    BalasHapus
  31. tidak usah mengritik, lebih baik memerintahkan dirikita sendiri jika kesana jangan buang sampah sembarangan.

    BalasHapus
  32. Mas...yuk kita bt Event atau apalah yg tujuannya untuk menyelamatkan keindahan Pulau Sempu dari sampah klo bs ajak masyarakat sekitar agar sadar untuk ikut menjaga aset pariwisata yg mereka miliki,........ ........SAVE SEMPU ISLAND...........

    BalasHapus
  33. itu karena kelalaian & kesalahan klian sndiri,sdh tau mau kepulau tak berpenghuni dan mau berkemah tp tdak ada persiapan yg matang...pasti kalian tdak kepikiran membawa plastik buat wadah sampah yg akibatnya pasti ikut2an buang sampah sembarangan stelah melihat sampah berserakan disekitar..tas plastik sekarung besar aja penuh kok buat wadah sampah bawaan sendiri..apalagi tas plastik kecil??hal sepele yg kt lupakantp berakibat fatal

    BalasHapus
  34. yuk ke pulau sempu bawa sapu ijuk..
    buat 5 orang per 1 team. jangan lupa bawa karung buat ngumpulin sampah.. andaii saja ada yang pro dengan opini saya. lalu di acc mau banget ikut.. hahaha... :D

    kita sapuin tuh pulau. gimana reaksi orang2 yang ada di situ? sadar bersih lingkungan kagak. klo cuma diem mental mereka... (isi sendiri)..
    salam..

    BalasHapus
  35. Waktu pas ane ke Sempu -> http://tbudhisantoso.blogspot.com/2013/09/the-other-side-of-hindia-ocean.html

    BalasHapus
  36. Saya baru liat foto pantai di Pulau Sempu, ternyata bagus juga ya. Cuma ya itu, bener-bener heran kenapa kok budaya nyampah itu sebegitu mendarah dagingnya sampe pada gak nyadar. Waktu ke Rinjani bulan Juli lalu saya geleng-geleng liat sampahnya. Dan ketika saya tanya siapa yang nyampah, justru ternyata kebanyakan warga setempat. Tambah ngelus dada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya om bama, sebenarnya pulau sempu emang bagus,,
      saya pas k rinjani malah ga terlalu merhatiin sampahnya,,begitu ya?wah sayang sekali klo malah warga sekitar yg bikin sampah :(

      Hapus
  37. rekomen banget deh nih tempat

    ku tunggu kunjunganmu

    BalasHapus
    Balasan
    1. duhhhh yang penting laku gitu ya mas motor anda?

      Hapus
  38. Bedanya Pecinta Alam dengan Wisatawan ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. seharusnya semuanya entah pecinta alam atau wisatawan harus menjaga kebersihan

      Hapus
  39. Tadinya pengen bgt dateng ke pulau sempu, pas baca blognya langsung males. Soalnya sudah dua kali dateng ke wisata domestic yang emang banyak banget sampahnya. Maunya relax malah jd emosi nanti. Kalo masalah kebersihan emang kita kalah jauh dari negara lain padahal potensi wisata kita jauh lebih bagus...jd miris bgt.

    BalasHapus
  40. Maaf min kalo boleh tau tahun brp kesananya?thn 2007/08 kawasan segara anakan itu masih sepi trus terjaga kebersihannya?

    BalasHapus
  41. Sdh ke bbrp pantai dan bukit di Indonesia smua indah tp ya mmg sll byk sampah yg berserakan, sedih liatnya, ayo jaga keindahan negeri ini dgn kesadaran diawali dr diri sndri utk membuang sampah pd tempatnya

    BalasHapus
  42. Pengen sekali Ӄҿ pulau sempu
    Mau menyerap energi alamx,,
    Lokas tepatx dimana ya

    Salam kenal ya

    BalasHapus
  43. , ayok kita ke pulau sempu, sekalian bersihin sampah2 yang berserakana disana, tapi kalao ksana jangan pas musim hujan perjalanan di hutan mangrove.a bakalan lebih lama soalnya licin bisa nyampe 2-3 jam

    BalasHapus
  44. bsok tgl 31 saya akan kemah d sana, merayakan tahun baru bersama para sampah-sampah, dan akan saya bawa pulang sampah-sampah itu untuk d kiloin,.lmayanlah buat mkan shari-hari hemmbb

    BalasHapus
  45. Banyak yg mengaku pecinta alam padahal mereka penikmat alam yg tak kenal disiplin pecinta alam , betul sekali bila BKSDA setempat harus menerapkan cek perbekalan dan apa yg mereka bawa masuk ke P.Sempu harus mereka bawa kembali keluar dan itu dg pemantauan pihak yg berwenang . Dan bila kedapatan tdk sesuai mereka harus ambil kembali sampah mereka . Salam Lestari...
    M.Gerson
    ~ Komandan Rescue
    Belukar Indonesia ~
    Organisasi Pemerhati Alam , Sosial dan Penanggulangan Bencana.
    087885643946 -  29E81621

    BalasHapus
  46. pak berapa tarif perahu ke pulau sempu?

    BalasHapus
  47. Pulau Sempu keren banget ya, cuma sayang banyak sampah berserakan :(
    ide bagus tuh kalau ada kegiatan bersih-bersih disana :)

    BalasHapus
  48. ayoo bersihkan pulau sempu.. ajak saya yah cz blm pernah dan pngen banget kesana...

    BalasHapus
  49. Gan ane mau ke sana share dong biaya jalur dll.

    BalasHapus
  50. saya juga mau posting tentang hal-hal yang tidak terduga yang saya temui di sempu , dan perasaan saya juga sama seperti yang anda rasakan sepertinya ketika disana,miris :((

    BalasHapus
  51. Terima kasih infonya. Saya juga akan ke pulau Sempu bulan May nanti. Itu long weekend, jangan2 penuh juga ya. Tapi tidak apa2 daripada tidak ke sana.
    Nanti say aakan sharing juga pengalaman saya di pulau Sempu, Insya Allah.
    Thanks

    BalasHapus
  52. bener banget, Pulau Sempu banyak sampah, kesadaran akan kebersihan masih belum tertanamkan, seharusnya kita sebagai pengunjung sadar akan kebersihan lingkungan kita, bukan hanya peduli ambil gambar buat media sosial

    BalasHapus
  53. betul banget, mending ga usah maen ke tempat wisata alam kalo bisanya cuma buat kotor...
    jaga alam kita tetap lestari dan bersih
    www.duniawisataku.com

    BalasHapus
  54. saya bulan januari kemarin kesana, tempatnya oke tp sampah ada dimana2, di dalam hutan pun banyak sisa botol ait mineral apa lagi di segara anakan'nya....

    sewaktu saya disana ada turis bule kesana, mungkin dalam hati bule itu "keren sih keren tapi sampah tok" hahahha
    mksh bro dishare

    BalasHapus
  55. Semakin banyak media yg meng explore, semakin banyak pula wisatawan yg berkunjung....
    Ambil apa yg kamu bisa, dan tak perlu memberi imbalan / meminta imbalan....
    Saya rasa anda semua mengerti dari tulisan diatas.... ty

    BalasHapus
  56. Sorry admin. Itu ke pulau sempunya pake simaksi ato ilegal ya?
    Menurut saya, cagar alam seperti pulau sempu memang tidak seharusnya di masuki wisatawan. Bagaimanapun jga wisatawan tetap menggangu satwa maupun flora yg hidup di kawasan sempu. Jadi intinya jangan datang ke pulau sempu secara ilegal, apapun alasannya.

    BalasHapus
  57. harus dari hati..cinta alam dan peduli kelestarian.. yang boleh datang datang kesini,,, tempat eksotis banget kaya di pilm the beach

    BalasHapus
  58. indah benar pulau sempu ini,
    kari kita jaga dengan tidak membuang sampah sembarangan...

    BalasHapus
  59. waduuhh...saya jauh2 dari sumatra rencana mo ke pulau sempu. ada yg tau gak kira2 kapan waktu yang gak terlalu rame?dan gak lagi musim hujan?ohya rekomin juga tempat2 lain ya.

    Thanks

    BalasHapus
  60. Bukan maksud saya munafik, saya yang 5 tahun studi malang hingga sekarang tak sekalipun pernah menginjakkan kaki di pulau sempu. Diajak berulang kali ke sana oleh teman2 tak pernah saya terima ajakannya, karena jujur kurang tertarik ke sana (alasannya jelas). Saya hanya sudah merasa cukup ketika di bibir pantai Sendang Biru. :)

    BalasHapus
  61. sudah saya buatkan jadwal untuk pergi kesana .. tapiiiii.. sudahlah, tak jadi juga ga apa apa. laguna in my dream :)
    trimakasiih

    BalasHapus
  62. sempu yang seram......sempu yang indah........ sempu yang sangat elok selalu ku dengar cerita percakapan anak anak muda di warung kopi.
    infonya klo pengen sepi weekday aja kesana, klo suka rame rame weekend ,tapi inget kata om om di koment atas JAGALAH KEBERSIHAN.

    BalasHapus
  63. "Catat nomor HP saya" ini pasti ada sinyal gak di pulau ini? Nanti udah catet kaga ada sinyal sama aja ga bisa telepon.

    BalasHapus
  64. Permisi kang Wisnu, saya mohon izin untuk menggunakan salah satu foto njenengan yang terdapat sampah di sempu untuk dimasukkan di artikel opini saya tentang pulau ini juga. Nanti saya linkback ke njenengan, Maturnuwun mas :)

    BalasHapus
  65. baru denger pulau sempu karna diajak temen , maklum aku bukan orang malang ^^ hehe .. pas searching nemu dan baca blog ini kok judulnya jangan ke pulau sempu , udh parno kirain ada apa , ternyata karna sampah .. ealaaaaaah :D, tapi aman kan disana? :|

    BalasHapus
  66. Balasan
    1. Kalao penasaran kesana aja ntr bsa ktmu q lo...

      Hapus
  67. Sempu emg indah bgt!
    Awal Desember aku dari sana.
    ya bnr, ada smpah brserakan, tp g byk ko'. Mgkn hbs dbrsihkan. Wkt mw ksna aku jg dksih mandat ma tmn, JANGAN BUANG SAMPAH SEMBARANGAN. Smpah kita bwa kluar lg dr situ.
    Wkt tracking sinyal hp g ada, pas smp dLaguna ada ko', tp dkit.
    jgn lp bwa air putih yg byk. Hati2 sm "simon" (monyet), nglamun dkit, mkanan ilang.

    BalasHapus
  68. Selamat sore.
    Tgl 26 Desember ane baru ngunjungin sempu.
    saya dtg penasaran akan keindahannya.
    ketika datang, saya lihat lumayan byk sampah d tepi pantai tempat untuk ngecamp dan di tebing yg mengarah k lautan lepas.
    mnrt ane, klo seumpama tdk ad solusi untuk mengatasi sampah, bisa jadi keindahannya akan hilang scr perlahan.
    Mgkn dari rekan rekan semua pny solusi untuk mengatasi masalah ini.
    Klo blh tau ,kira kira dmn ane bs memberi masukan ya

    Terima kasih

    BalasHapus
  69. 29-30 Desember 2014 kemaren saya ke Sempu..
    baca blog ini, cool --> suka sama pesannya

    BalasHapus
  70. Sempat dilema ketika mengunjungi tempat yg belum pernah dijamah org kayak sempu tempo dulu, antara mau upload di sosmed atau tdk. Kalau upload takut byk yg kesana terus ga bs jaga keindahannya, atau ga ush diupload tapi dunia ga tau ada paradise kedua ini.. Tp setuju dg kalimatnya mas "lebih baik jangan ke pulau sempu"

    BalasHapus
  71. Sendang biru dan pulau sempu itu adalah 1. Arty nya kalian tidak lengkap lo ke sendang bitu tk mampir ke pulau sempu, disana lah q berada sob...

    BalasHapus
  72. kalau dari sendang biru nyebrang ke pulau sempu, ombak nya cukup tenang atau besar ?
    mohon infonya. thanks :D

    BalasHapus
  73. Sudah jelas... Pulau sempu tempat konservasi. Cagar alam... Bukan tempat wisata. Maka jangan menginjak pulau sempu... Save p.sempu.

    BalasHapus
  74. memang sebaiknya jangan ke sana, pulau ini katanya termasuk wilayah konservasi, tapi kok malah jadi tempat wisata ya? apalagi wisatawannya banyak yang hobby nyampah, kacau banget dah

    BalasHapus
  75. belum pernah kesana tapi sepertinya pulau sempu memang menarik
    untuk masalah kebersihan yaa sadar akan tanggung jawab aja, Marii peduli terhadap lingkungan..
    Terima kasih.

    BalasHapus
  76. indonesia memang sangat kaya akan rempah rempah, objek wisata pantai yang sangat banyak hampir semua wilayah mempunyai pantai
    alangkah baik nya kita sebagai warga negara indonesia merawat dalam hal menjaga kebersihan tempat tempat wisata kita agar turis mancanegara betah di indonesia hehehe

    BalasHapus
  77. baru tau ane gan ane hapus dah pulau sempu dari blog ane jadi merasa bersalah

    BalasHapus
  78. agak miris emang liat pulau sempu yang sekarang... dimana2 sampah bertebaran ckckck

    BalasHapus
  79. saya ke sempu th 2006 ,,,so good...gak ada samph

    BalasHapus
  80. informasi tentang pulau sempu sangat lengkap, kami tunggu artikel selanjutnya...

    BalasHapus
  81. orang indonesia emang gtu semoga generasi-generasi selanjutnya tidak seperti yang sekarang bang

    BalasHapus
  82. Wah pulau sempu bagus banget..wajib dilestarikan
    semoga pariwisata Indonesia makin maju

    BalasHapus
  83. Maaaakkkk ngeri kali destinasinya :D keren keren semoga semakin rame Travel Blog di Indonesia

    BalasHapus
  84. Tolong jaga numi ku,jika kalian tdk dpt menjaga bumi ku
    Silahkan pindah k planet lain,,,

    BalasHapus
  85. Tolong jaga numi ku,jika kalian tdk dpt menjaga bumi ku
    Silahkan pindah k planet lain,,,

    BalasHapus
  86. beruntung sekali kemarin ketika saya kesana kondisinya bersih, sepi dan nyaman. Saya tiba di sana tanggal 27 sore hari (minggu) dan kembali 28 siang hari (senin). kantong sampah sudah harus bawa dan jadi tanggungjawab masing-masing.

    BalasHapus
  87. Betul Kang... pulau seindah ini jangan sampai dikotori oleh hal-hal yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak mampu menjaga dirinya dan alam sekitar.. mari kita jaga sama-sama jangan sampai rusak...
    terimakasih sudah berbagi kang
    Salam Sahabat
    Villa Istana Bunga

    BalasHapus
  88. Sedih.... Tp ketika aq dan tmn2 ku berkunjung k suatu tempat, aq slalu menasehati tmnku dgn kearifan lokal "jangan tinggalkan apapun kecuali jejak" dgn nada misterius. Supaya mereka takut. Alhasil mereka nurut.

    Salam Mbambong Adventure
    Malang

    BalasHapus
  89. hayy ka, aku ada rencana mau ke sana nih. mau nanya dong akses kendaraan dari stasiun malang ke pulau sempu ?
    bagi info ka ID line aku eliesadhe32

    BalasHapus
  90. Trauma ke pulau sempu kemaren baru kesana plgny kemaleman horor

    BalasHapus
  91. Mohon kira nya, yg baru mau ke pulau Sempu, bawalah kantong sampah hitam, dan kita pungut sampah yg ada, yg bisa kita bersihkan. Kita beri contoh yg baik, lama2 akan menjadi malu, mereka yg buah sampah sembarangan....ya semoga pemda terkait bisa lebih tegas menjaga alam ini.

    BalasHapus
  92. Sedih juga ya kalo pengunjung hanya mau seneng2 tapi ga mau tanggung jawab..tulisan yg inspiratif mas..

    BalasHapus
  93. Mantab. Artikelnya sangat bagus dan mendidik buat para wisatawan yang akan ke pantai ini. Salam kenal dari Rental Mobil Malang Simpati 0821 41555 123

    BalasHapus
  94. benar sekali kak, sekarang kondisi pulau sempu semakin parah, rusak karena sampah-sampah. sebaiknya BKSDA saatnya menjalankan cek bag untuk wisatawan yang akan kesana.

    tapi yang lebih penting bagaimana para pecinta alam dan wisatawan mengerti apa arti mencintai alam itu. bukan malah membuang sampah sembarangan.

    BalasHapus
  95. orang indonesia emang gtu semoga generasi-generasi selanjutnya tidak seperti yang sekarang bang

    BalasHapus
  96. ada yg bisa bantu nomer hp pemilik perahu di sendang biru yg bs dihubungi...mksi

    BalasHapus
  97. Dulu saya sempat mencicipi sempu yang masih "perawan" beberapa waktu lalu sempat kembali kesana, lalu ngerasa sedih soalny ada saja yang kurang aware buang sampa sembarangan :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh tau nomer nelayan buat penyebrangan disana gan?

      Hapus
  98. padahal pantainya bagus yaa,-
    semoga BKSDA dan juga kita semua bisa lebih peduli dan turut serta menjaga kebersihannya.
    salam dari Gorontalo, kawan..

    BalasHapus
  99. nice, jadi destinasi selanjutnya nihh

    BalasHapus