• LinkedIn
  • Join Us on Google Plus!
  • Subcribe to Our RSS Feed

Sabtu, 17 Mei 2014

Bawa Aku ke Tempat Newton

12.51 // by Wisnu Yuwandono // 8 comments

Suatu sore pada musim semi tahun 1726 di sebuah tempat di Inggris, William Stukeley bersama dengan seorang temannya menikmati teh sambil bercerita di bawah bayangan pohon apel. Temannya berkata, “Sebelumnya aku pernah berada dalam situasi yang sama seperti saat ini. Ketika hal itu terjadi, pemahaman mengenai suatu hal datang ke pikiranku.”

Dia melanjutkan ceritanya, “Saat itu aku melihat apel terjatuh, aku berpikir, kenapa apel selalu jatuh turun tegak lurus ke tanah. Aku pun bertanya-tanya mengapa tidak jatuh berbelok ke samping atau ke atas, tapi langsung turun ke bumi. Aku berpikir hal itu karena bumi menarik apel itu. Maka bumi memiliki kekuatan untuk menarik benda.”
Isaac Newton
Isaac Newton (sumber)

Teman dari William Stukeley itu tak lain adalah Isaac Newton yang karena terilhami oleh kejadian jatuhnya apel tersebut lalu mengemukakan teori yang sangat mempengaruhi ilmu pengetahuan yaitu teori gravitasi. Lain cerita apabila saya yang melihat kejadian itu. Karena selanjutnya saya akan menciptakan teori apel yang jatuh dari pohonnya itu rasanya enak sekali. Untung yang melihat bukan saya, tapi Newton. Selamat lah dunia sains.

Gravitasi universal menurut Newton adalah gaya tarik menarik yang terjadi antara semua partikel yang mempunyai massa di alam semesta. Sebagai contoh gravitasi matahari mengakibatkan benda-benda langit berada pada orbit masing-masing dalam mengitari matahari. Memang fisika modern mendeskripsikan gravitasi menggunakan Teori Relativitas Umum milik Albert Einstein, namun hukum gravitasi universal Newton yang lebih sederhana merupakan pandangan yang cukup akurat dalam kebanyakan kasus.

Isaac Newton tidak hanya mengemukakan satu teori saja. Ada banyak teori yang kemudian bahkan teori-teori tersebut diganti dengan istilah hukum, selanjutnya disebut Hukum Newton. Yang sangat terkenal adalah hukum gerak Newton yang terdiri dari tiga hukum fisika yang menjadi dasar mekanika klasik. Hukum ini menggambarkan hubungan antara gaya yang bekerja pada suatu benda dan gerak yang disebabkannya. Hukum ini telah dituliskan dengan pembahasan yang banyak sekali dan berbeda-beda selama 3 abad.

Nama Newton juga diabadikan menjadi satuan dari gaya (force), sehingga nama ini cukup familiar di telinga saya sejak mendapat pelajaran fisika di bangku SMP. Selanjutnya saat menginjak SMA nama ini lebih sering terdengar lagi karena saya mengambil jurusan IPA. Takdir saya untuk lebih sering berhubungan dengan nama Newton tertulis saat melanjutkan kuliah karena saya kuliah di Fakultas Teknik yang sangat akrab dengan masalah mekanika.

Bagi saya dan saya yakin juga bagi seluruh dunia Isaac Newton adalah seorang yang sangat berjasa terhadap ilmu pengetahuan. Tak hanya fisika, tetapi dia juga mengembangkan ilmu lain seperti matematika, kimia, filsafat, astronomi bahkan bidang agama. Karena berbagai penemuannya, tak hanya ilmu pengetahuan, tetapi perkembangan teknologi setelahnya pun menjadi sangat cepat. Oleh karena itu pula Michael H. Hart dalam bukunya The 100 menempatkan Isaac Newton di urutan 2 sebagai orang paling berpengaruh di dunia di bawah Nabi Muhammad SAW dan bahkan berada di atas Yesus yang berada di urutan 3. Pada tahun 1705, karena pengabdian pada kerajaan dan sumbangsihnya pada sains, Isaac Newton mendapatkan gelar kesatria atau Sir dari Kerajaan Inggris. Dia adalah idola saya dalam bidang sains, kadarnya lebih besar dari saya mengidolai scientist termasyhur dunia, Albert Einstein.

Ketika saya membaca adanya Blog Contest “Ngemil Eksis Pergi ke Inggris” #InggrisGratis dari MisterPotato, mata saya tertuju pada salah satu destinasi hadiahnya, Westminster Abbey. Bukan karena gereja tersebut menjadi tempat pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton tetapi karena Sir Isaac Newton yang meninggal pada tahun 1727 jasadnya disemayamkan di tempat itu. Ya, di Westminster Abbey, gereja klasik yang konon dibangun dari abad ke 10.
Westminster Abbey
Westminster Abbey (sumber)
Monument to Sir Isaac Newton at Westminster Abbey
Monument Sir Isaac Newton di dalam Westminster Abbey (sumber)
Meskipun Isaac Newton sudah lama sekali meninggal dunia tetapi saya tetap ingin sekali ke sana. Mengunjungi makam orang yang sangat saya kagumi. Menziarahi Newton, mendoakan arwahnya. Yang paling penting adalah saya akan mempertanyakan teori gravitasinya yang sangat fenomenal itu. Mengapa gravitasi itu tidak berlaku bagi saya ketika menikmati Mister Potato? Coba lihat, saya bisa melayang dan hendak terbang. Pernahkah terpikir olehmu Newton? Bisakah kau merumuskannya dengan ilmu matematika dan fisikamu yang rumit hingga menjadi suatu formula yang lebih sederhana? Bisakah? Aku ingin mengetahuinya.

Terbang bersama Mister Potato
Mister Potato membuat saya melayang

Terbang bersama Mister Potato
Gravitasi = 0 ?
Mister Potato membuat teori klasik gravitasi universal Newton yang bertahan lama menjadi terpatahkan dan kacau balau. Maaf Newton, di pusaramu selain doa, aku juga akan mengemukakan teori baru, gravitation is not considered for people who eat Mister Potato.

Mister Potato, bawalah aku ke tempat Newton untuk mengatakan itu.

8 komentar:

  1. Good luck bro.. Semoga menang trus kirim postcard dari sana #ehh :-)
    Cuma penasaran satuuu aja... pas levitasi, pantat nggak sakit tuh? Hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin,,
      mister potato emang bikin terbang beneran bro, ga sakit itu,wkwkwk

      Hapus
  2. iki iklan kan? *sok gak paham*
    Anyway, sekalian menziarahi tempat Newton kejatuhan apel gravitasinya mas, siapa tahu dapat wangsit juga..

    BalasHapus
  3. mas wisnuuuu...
    bahasannya newtonnya keren banget.
    aku juga mengidolakan newton, sebagai bapak ilmu mekanika.
    lha segala rumus turunan dari F = m x a.


    huiihh, jadi harus cari bahasan lain dehh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe cari bahan lain mbaaakkk :))

      Hapus
  4. Gyahahaha, aku ngakak baca beberapa alinea terakhir kak
    kalo mister potato uda ada waktu newton lahir mungkin inspirasinya bukan dari apel jatuh lagi :D
    eh pengumuman pemenangnya kapan kak?
    good luck yak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. awalnya serius terus, endingnya njomplang ya,wkwkwkw
      kayanya dlm waktu deket ini
      aamiin, makasih yof :D

      Hapus