• LinkedIn
  • Join Us on Google Plus!
  • Subcribe to Our RSS Feed

Rabu, 21 Agustus 2013

Selayang Pandang Nusa Lembongan

18.15 // by Wisnu Yuwandono // , // 4 comments

Nusa Lembongan, Bali
Nusa Lembongan
Banyak yang menyangka bahwa Provinsi Bali hanya memiliki satu pulau yaitu Pulau Bali saja. Padahal sebenarnya ada beberapa pulau lain yang cukup menarik untuk dikunjungi jika sudah merasa ‘bosan’ dengan sajian utama dari Bali. Salah satu pulau itu adalah Pulau Nusa Lembongan.

Nusa Lembongan letaknya di tenggara Pulau Bali. Jaraknya sekitar 10 kilo meter dari Pantai Sanur. Dari pantai ini pula kita bisa sampai ke Nusa Lembongan dengan memakan waktu kira-kira 30 menit menggunakan speed boat.
Nusa Lembongan, Bali
Mushroom Beach, Nusa Lembongan, salah satu gerbang masuk ke Nusa Lembongan selain Jungut Batu

Mushroom Beach, Nusa Lembongan
Seperti umumnya sebuah pulau yang tidak begitu besar, hal yang paling umum dilihat adalah pantai. Banyak spot-spot pantai yang cukup bagus dan relatif tidak seramai pantai-pantai di Bali. Meski saya mengunjungi pulau ini pada peak season musim liburan karena masuk musim panas bagi negara-negara di belahan bumi utara yang memiliki 4 musim, namun tetap saja pantainya bisa dikatakan tidak ramai. Hanya saja kocek yang dikeluarkan untuk menyewa penginapan menjadi lebih banyak karena pengelola menaikkan harga sewanya.

Saya menyewa sepeda motor untuk menjelajahi pulau ini. Mengunjungi beberapa spot pantai dan tempat lainnya di sini memang butuh alat transportasi, bisa dengan sepeda ataupun sepeda motor, jika memilih jalan kaki bisa gempor karena meski tergolong pulau kecil tetap saja luasnya bisa membuat kaki bengkak jika ingin berjalan mengelilinginya.
Nusa Lembongan, Bali
View Pantai Jungut Batu

Nusa Lembongan, Bali
Makan di pinggir Pantai Jungut Batu
Terdapat dua desa di sini. Desa Lembongan dan Jungut Batu. Saya memilih untuk menginap di salah satu homestay di Desa Jungut Batu karena meskipun saya turun di Mushroom Beach yang letaknya di Desa Lembongan, saya tidak menemukan penginapan yang cocok karena kebanyakan sudah penuh dan yang masih tersisa harganya sudah melambung.
Nusa Lembongan, Bali
Sunset view di Pantai Jungut Batu

Nusa Lembongan, Bali
Sunset view di Pantai Jungut Batu

Nusa Lembongan, Bali
Sunset view di Pantai Jungut Batu

Nusa Lembongan, Bali
Sunset view di Pantai Jungut Batu
Di sebelah Nusa Lembongan ada pulau lain yaitu Nusa Ceningan yang luasnya lebih kecil. Untuk ke sana tidak perlu menyeberang menggunakan perahu atau kapal lagi, karena ada jembatan gantung kecil untuk menyeberang. Jembatan ini bisa dilewati sepeda motor, meski tidak bisa untuk berpapasan. Jika ada motor yang bersamaan akan lewat dari seberang maka salah satu pihak harus mengalah menunggu motor itu lewat, baru setelah itu datang giliran untuk menyeberang.
Nusa Lembongan, Bali
Jembatan menuju Nusa Ceningan

View di Selat Ceningan
Jika ingin snorkeling atau diving juga bisa dilakukan di sini. Ada banyak diving centre yang menawarkan paket untuk itu. Ada juga permainan air seperti banana boat dan parasailing. Cukup banyak variasi wisata memang. Meski begitu tidak semua penduduk Nusa Lembongan bekerja di bidang pariwisata, banyak yang masih mencari nafkah dari laut sebagai nelayan ataupun petani rumput laut.

Nusa Lembongan, Bali
Dream Beach, salah satu pantai di Pulau Nusa Lembongan
Saya tak sempat menyelami begitu dalam tentang pulau ini karena hanya semalam saja saya menginap. Esoknya saya kembali ke Pulau Bali dengan wawasan baru tentang sebuah pulau yang bisa menjadi pilihan untuk sekedar menikmati wisata pulau dengan nuansa Bali yang tak jauh dari Bali. Ribet ah bahasanya....

4 komentar:

  1. air disana kebanyakan air kapur jadi nga bisa mandi dehhh....

    BalasHapus
  2. ini nama homestaynya apa ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh lupa kak namanya,,daerah Jungut Batu pokonya,hehe

      Hapus