• LinkedIn
  • Join Us on Google Plus!
  • Subcribe to Our RSS Feed

Senin, 09 Juli 2012

Balangan, Pantai Sepi di Bali

14.33 // by Wisnu Yuwandono // , // 16 comments


Pantai Balangan, Bali
pasir putih pantai Balangan
Bali sudah terkenal dengan pantai-pantai yang indah dan ramai. Kuta, Legian, Sanur dan beberapa pantai yang lain. Tapi di pulau yang mungkin sebagian besar orang di dunia pernah mendengarnya ini masih menyimpan pantai indah yang relatif masih sepi, Pantai Balangan namanya.

Sebelumnya sudah dua kali saya kesini, pertama di awal tahun 2010 lalu yang kedua di awal bulan Juni kemaren. Sekarang (21/6) yang ketiga kalinya saya kesini dan kedua kalinya di bulan Juni, bedanya sekarang bersama seorang sahabat yang berkunjung ke Bali.


Awalnya kami mengunjungi Pantai Dreamland yang cukup terkenal, akan tetapi siang itu benar-benar tidak nyaman untuk menikmati suasana pantai, karena suasananya sudah mirip pasar kaget. Rombongan study tour dari SMA di Jawa memenuhi pantai dan ahhh dimana itu semilir angin yang sepoi dan tenang khas pantai kalau yang ada suara riuh teriakan dan tawa anak ABG.

Hanya sebentar saja kami duduk di pasir pantai Dreamland, diputuskan untuk mencari pantai yang lebih ‘nyaman’, dan pantai itu adalah Balangan. Balangan sendiri letaknya tidak terlalu jauh dari Dreamland. Jadi kalau dari Denpasar letak pantai Balangan ini sebelum Dreamland. Menyusuri jalan Uluwatu lalu belok kanan, selanjutnya menyusuri jalanan yang kecil dan berbelok-belok sampailah ke Pantai Balangan. Tidak dikenakan biaya masuk per orang, cuma parkir kendaraan saja, kalau tidak salah parkir motor 2000 rupiah.
Pantai Balangan, Bali
Pantai Balangan
Posisi parkir kendaraan berada di atas tebing, jadi kita harus menuruni anak tangga untuk sampai pantai. Dan tarraaaaa pantai yang sepi itu terhampar di pandangan mata. Pasir putih, karang-karang yang membatasi pasir dengan ombak. Jadi bentuk pantainya tidak seperti pantai Kuta yang habis pasir langsung air laut, kalau di Balangan pasir, karang-karang baru lepas pantai dengan ombak yang cukup besar. Kalau di Jogja mirip pantai Sundak. Kecuali kalau pasang, ombak akan menjangkau ke pasir yang ada daratan.

Sore itu kebetulan bukanlah masa air pasang. Jadi kami bisa menikmati karang-karang yang ada. Dan lagi diatas karang banyak hewan-hewan air yang cukup menarik perhatian. Karang-karangnya pun membentuk pola-pola yang unik. Oh ya sore itu pantainya benar-benar sangat sepi, bahkan tempat untuk berjemur hanya beberapa saja yang dipakai. Kafe-kafe yang ada pun tidak banyak yang mengunjungi. Jadi di pinggiran pantai itu ada beberapa kafe yang berjejer, kafe yang saya maksud bukan seperti kafe buat dugem ya, tapi kafetaria tempat makan. Bangunan kafe-kafenya sendiri terbuat dari kayu-kayu.
Pantai Balangan, Bali
Menjelang sunset di Pantai Balangan
Hari semakin beranjak senja, kami sudah berjalan dari ujung ke ujung. Menikmati debur ombak, semilir angin pantai, lembutnya pasir putih, dan yang paling utama adalah lepas dari keramaian. Disini seperti pantai pribadi, menyenangkan. Sangat recommended bagi yang ingin merasakan pantai sepi di Bali.
Pantai Balangan, Bali
Nice sunset

16 komentar:

  1. Ya ampun kakk, sunsetnya disini keren bangeeeetttt :(

    Itu beneran sepi pake banget pantainyaaaa, sukaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya balangan masih sepi :D
      makasih sudah mampir :)

      Hapus
    2. itu ada harga tiket masuk nya kah kak wis?

      Hapus
    3. dulu sih cuma bayar parkir aja, sekarang ga tau ya, hehe

      Hapus
  2. gilaaaakk fotonya ...two thumbs uppp

    BalasHapus
  3. waa... sunsetnya kebangetan... cakepp...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe,,makasih mas pungky sudah mampir :)

      Hapus
  4. apikkkkk mas......ajakin ke bali...biar backpack bareng hehehe...monggo mampir

    BalasHapus
  5. Eh sumpeh itu sunset cakep bener, suka banget ama foto yang terakhir :-0

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi agak lebay deh itu foto terakhirnya,hehe

      Hapus
  6. ah, jingganya itu.. menawan sekali ~.~

    BalasHapus
  7. pasir putih pantai Balangan bnyk knangan disana

    BalasHapus