• LinkedIn
  • Join Us on Google Plus!
  • Subcribe to Our RSS Feed

Rabu, 24 Oktober 2012

Pejalan yang Baik???

23.56 // by Wisnu Yuwandono // No comments


Saya pernah mendengar kalimat yang kira-kira bunyinya seperti ini, ‘Seberapa jauh kamu bepergian itu tidak penting, yang paling penting adalah seberapa banyak pelajaran yang kamu dapatkan dari perjalanan itu.’ Cukup bagus, merasuk ke otak dan sangat filosofis kalimat tersebut. Entah siapa yang pertama kali mengatakannya.


Pelajaran dan ilmu memang terdapat dimanapun kita berada, dan kita bisa menyerapnya tanpa bantuan sedotan atau dengan suapan. Dia tidak melulu hanya ada di bangku sekolah ataupun di tumpukan buku di rak-rak perpustakaan. Pelajaran juga tersedia di setiap langkah ketika kita berpergian atau istilah yang lebih mentereng saat kita traveling. Banyak dan melimpah. Nah, kembali ke quote yang pertama tadi, dari banyaknya ilmu itu seberapa banyak yang bisa kita ambil?

Pejalan yang baik mungkin bisa memperoleh banyak hal, banyak ilmu, banyak cerita. Mereka bisa membaur dengan penduduk lokal. Mengambil pelajaran dari semua yang mereka temui. Dan saya yakin mereka senang dengan hal itu, mengambil pelajaran. Maka itu orang-orang menjulukinya ‘pejalan yang baik’.

Lalu apa yang diperoleh penduduk lokal dari para ‘pejalan baik’ tersebut? Mereka memberikan kita ilmu sedang mereka dapat apa? Dapat ilmu juga dari kita? Atau dengan memberitakan mereka dengan cerita super memikat disertai foto bagus di dunia maya, lalu berbondong-bondonglah orang mendatangi mereka hingga kehidupan ekonomi mereka naik, itukah hal yang sebanding dengan apa yang telah mereka berikan? Entahlah saya juga tidak tahu, atau belum tahu jawabannya. Atau mungkin perlukah kita merumuskan sebaiknya hal apa yang bisa kita berikan kepada mereka, agar proses timbal balik itu terjadi? Saya tidak ingin kita yang bisa memperoleh ilmu banyak dari mereka sedang mereka nihil. Saya harap kita bukanlah inang yang menyusu tanpa memberi asupan kepada sang pemberi susu. Meninggalkan jejak saja saya rasa tidak cukup.

Menurut saya pejalan yang baik adalah pejalan yang bisa memperoleh banyak pelajaran dari perjalanannya, sedang sebaik-baiknya pejalan adalah yang bisa memberi banyak hal positif pada semua yang dikunjunginya.

0 comments:

Posting Komentar