• LinkedIn
  • Join Us on Google Plus!
  • Subcribe to Our RSS Feed

Sabtu, 25 Februari 2012

Tips Snorkeling

09.19 // by Wisnu Yuwandono // , // 1 comment

Tips Snorkeling
Snorkeling dengan banyak ikan
  
Ada pepatah sebelum belajar renang, belajar ngapung dulu, mungkin pepatah itu bisa kita kembangkan menjadi sebelum belajar diving (menyelam) sebaiknya snorkelingan dulu aja. Di negara kita ini banyak spot terumbu karang yang sangat bagus dan sangat cocok sekali untuk snorkeling di permukaannya.

Tips SnorkelingBerikut ada beberapa tips melakukan snorkeling berdasar pengalaman penulis.
    Tips Snorkeling
  1. Siapkan dan cek snorkel set apakah masih layak pakai. Gak lucu kan pas ditengah-tengah laut ternyata maskernya bocor.
  2. Pakai sunblock yang bagus dan tidak mudah larut dalam air, kalau tidak dijamin kulit anda akan gosong. Kalau emang niat pengen gosong ya silakan saja.
  3. Sebaiknya sebelum terjun ke laut bagian dalam masker diberi anti embun. Adanya embun sangat mengganggu dalam melihat. Anti embun yang paling murah dan simple adalah pasta gigi :D
  4. Pakailah masker dengan senyaman mungkin, apalagi dibagian kuping, kadang kuping terjepit dan menimbulkan sakit.
  5. Kenali diri anda, apakah anda bisa berenang atau tidak, kalau level anda masih belajar renang sebaiknya anda menggunakan life jacket (pelampung). Untuk perenang mahir pun tidak ada salahnya menggunakan life jacket, disamping aman, alat ini juga membuat kita tidak kecapekan menggerakkan kaki untuk ngapung :D
  6. Pilih spot terumbu karang yang tidak terlalu dalam dan air yang cukup jernih. Jika terumbu karang berada jauh dari permukaan dan air keruh percuma saja bersnorkeling, gak keliatan. Tapi jangan yang terlalu dangkal juga karena kemungkinan kalau kita tidak sengaja menendangnya terumbu karang itu bisa rusak, dan perlu anda tahu rata-rata pertumbuhan karang itu cuma 1 cm per lima tahun.
  7. Kenali biota laut, beberapa diantaranya ada yang berbahaya. Ada yang menimbulkan gatal-gatal sampai ada yang sengatannya menimbulkan sakit yang luar biasa. Jadi jangan asal megang ya :D
  8. Jangan jauh-jauh dari bibir pantai, atau kalau anda memakai boat jangan jauh-jauh dari boat anda, karena kalau jauh disamping capek baliknya, kalau ada sesuatu yang menimpa anda bisa cepat dapat pertolongan.
  9.  Jangan mengambil apapun dari laut, kecuali mengambil pelajaran :)
  10. Bawa underwater camera untuk mengabadikan momen indah ini, sekaligus untuk menyombongkannya pada teman-teman anda :))
  11. Untuk wanita berjilbab bisa memakai swim cap untuk menutup kepala, penulis pernah melihat ada yang bentuknya mirip jilbab.
  12. Jangan lupa untuk berdoa di awal dan akhir kegiatan. 
Selamat bersnorkeling ria :)
Tips Snorkeling
Nemo (Clown Fish)

1 komentar:

  1. artikel nya kereeeeen !!! sangat ngebantu banget nih buat para pecinta olahraga renang. nih link untuk perlengkapan renang http://sukaoutdoor.com/menu/SWIMMING

    BalasHapus