• LinkedIn
  • Join Us on Google Plus!
  • Subcribe to Our RSS Feed

Selasa, 28 Agustus 2012

Sejuta Pesona Dieng

09.12 // by Wisnu Yuwandono // , // 3 comments


Candi Dieng, Jawa Tengah
Candi-candi di dataran tinggi Dieng
Berkunjung ke suatu tempat baru memang selalu menyenangkan, tak peduli jauh atau dekat. Selain karena masih ada rasa penasaran, pengalaman dan wawasan baru akan kita dapatkan. Nah, belum lama ini tempat yang saya kunjungi adalah dataran tinggi Dieng.

Dieng berada di ketinggian sekitar 2000an meter dari permukaan laut. Hal ini mengakibatkan suhu sehari-harinya sejuk malah ke arah dingin. Sebagian besar kawasan Dieng masuk Kabupaten Wonosobo, sedang sebagian kecil masuk Kabupaten Banjarnegara. Daerah ini sebenarnya adalah gunung api yang masih aktif, dibuktikan dengan banyaknya kawah yang ada.


Lalu apa saja yang bisa dinikmati disini? Jawabannya adalah banyak. Setidaknya ada lima telaga, beberapa kompleks kawah, beberapa kompleks candi, taman bunga, air terjun, museum  dan bukit untuk melihat sunrise. Dan semua itu berada di suatu kawasan, alias jarak masing-masing tempat tidak berjauhan.
Telaga Warna, Dieng, Jawa Tengah
Telaga Warna

Obyek yang paling depan letaknya (kalau datang dari arah Wonosobo) adalah Telaga Warna. Kenapa disebut dengan embel-embel warna? Karena telaga ini memang memiliki warna yang konon berubah-ubah, ada warna hijau, biru atau kadang sebagian berwarna bening. Hal ini dikarenakan airnya memiliki kandungan belerang yang bisa membuat air bisa berubah warna, dan kadang juga memantulkan warna langit. Di dekat telaga warna ini ada satu lagi telaga lagi, yaitu telaga Pengilon. Pengilon berasal dari bahasa Jawa yang apabila diterjemahkan artinya cermin, jadi bisa juga disebut telaga cermin.
Telaga Pengilon, Dieng, Jawa Tengah
Telaga Pengilon
Lanjut ke obyek berikutnya, yaitu kawah Sikidang. Arti dari sikidang ini kurang lebih adalah Kijang, hewan yang lincah. Jadi di kawasan kawah Sikidang ini ada beberapa kawah aktif yang letaknya berpindah-pindah seperti Kijang. Bau belerang sangat menyegat disini. Disini juga ada yang menjajakan telur untuk direbus di dalam kawah. Ga ada salahnya kalau pengen merasakannya.
Kawah Sikidang, Dieng, Jawa Tengah
Kawah terbesar di kompleks kawah Sikidang

Kawah Sikidang, Dieng, Jawa Tengah
Performance art di dekat kawah Sikidang

Objek yang tak kalah menarik adalah kompleks candi. Ada kompleks candi Arjuna, Bima, dan beberapa nama tokoh pewayangan yang lain. Penjelasan dari candi-candi ini ada di museum yang letaknya berada di depan. Di belakang museum sendiri ada taman bunga yang terlalu indah untuk dilewatkan.
Sunrise Bukit Sikunir, Dieng, Jawa Tengah
Sunrise Bukit Sikunir
Untuk menikmati sunrise, sebaiknya anda menginap di kawasan Dieng, karena dengan begitu anda tidak terlalu jauh untuk menuju Bukit Sikunir, tempat terbaik untuk menikmati sunrise. Anda bisa mencari penginapan yang cukup bagus di daerah Dieng, bisa juga menginap di desa di kaki bukit Sikunir, Desa Sembungan. Akan tetapi di Desa Sembungan tidak ada penginapan yang bagus, yang ada hanyalah homestay atau anda menginap di rumah penduduk. Walaupun fasilitasnya tidak lengkap akan tetapi sambutan penduduk begitu hangat dan ramah sekali. Keuntungan lainnya adalah tidak terlalu jauh dari bukit Sikunir, hanya 1 kilometer saja, jadi kemungkinan terlambat menikmati detik-detik sunrise bisa diminimalisir. Di kaki bukit Sikunir sendiri terdapat telaga Cebong, yang menarik adalah adanya perahu yang bisa dinaiki untuk memutari telaga.
Telaga Cebong, Dieng, Jawa Tengah
Telaga Cebong
karika/carica
Pohon karika yang mirip dengan pepaya
Sebenarnya masih ada beberapa tempat yang ada di kawasan Dieng, ada kawah Sileri yang terkenal karena pernah ‘membunuh’ puluhan orang karena asap beracunnya di tahun 70an. Ada Dieng Plateau Theatre yang menampilkan potensi yang ada di Dieng beserta sejarahnya. Mungkin tidak cukup sehari saja untuk menikmati semua yang ada disini. Karena selain ada tempat-tempat yang mempesona itu, ada juga hal-hal menarik yang lain. Seperti adanya anak-anak dengan rambut gimbal, dan buah Karika yang hanya ada disini. Sungguh menarik mengunjungi Dieng, satu kawasan dengan banyak potensi.

3 komentar:

  1. Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    BalasHapus
  2. hmmm keren banget kak foto2nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu matahari nya kereen kak :D sunrise terbaik

      Hapus