• LinkedIn
  • Join Us on Google Plus!
  • Subcribe to Our RSS Feed

Minggu, 17 Oktober 2010

Situs Ratu Boko, Kejayaan Masa Lampau

17.20 // by Wisnu Yuwandono // // No comments

Ratu Boko, Yogyakarta
Gerbang Ratu Boko
Jika anda berkunjung ke kota Yogyakarta, sebaiknya anda tidak melewatkan tempat eksotis yang satu ini. Ya, kompleks situs Ratu Boko adalah kawasan menarik yang sangat disayangkan apabila anda tidak mengunjunginya. Sisa-sisa kejayaan masa lampau yang masih bisa dilihat jejaknya sampai saat ini. Seni arsitektur kuno yang membuat kita bangga menjadi bagian bangsa ini.
Ratu Boko, Yogyakarta
Ratu Boko
Situs Ratu Boko yang memiliki luas 160.898 m2 ini terletak di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, sekitar 4 km arah selatan Candi Prambanan. Disini kita dapat menjumpai bangunan-bangunan kuno yang terbuat dari susunan batu andesit yang menawan. Berbagai macam bentuk peninggalan arkeologi seperti gapura, candi, gua, kolam, pendopo dapat menggambarkan betapa tingginya kebudayaan kita di masa itu.
Ratu Boko, Yogyakarta
Papan Petunjuk di kawasan Ratu Boko
Ratu Boko, Yogyakarta
Reruntuhan
Ratu Boko, Yogyakarta
Pesawat melintas di atas Ratu Boko

Kompleks ini diperkirakan dibangun pada abad 8-9 masehi, sesuai dengan apa yang tertulis pada prasasti Abhayagiriwihara. Pada awalnya difungsikan sebagai Vihara atau tempat sembahyang bagi bagi agama Budha, akan tetapi dalam perkembangannya kompleks ini digunakan sebagai tempat tinggal raja yang bernama Rakai Walaing Pu Kumbhayoni yang beragama Hindu. Kemungkinan situs ini ditinggalkan ketika pusat pemerintahan Mataram Kuno dipindahkan ke daerah Jawa Timur.
Ratu Boko, Yogyakarta
Pendopo
Situs yang terletak di atas bukit dengan ketinggian hampir 200 mdpl ini pertama kali ditemukan kembali pada tahun 1790 oleh Boeckholtz. Pada tahun 1915 FDK Bosch menyebut reruntuhan di bukit Boko ini dengan “Kraton van Ratoe Boko”. Upaya pemugaran telah dimulai pada tahun 1938. Usaha terus berlanjut hingga tahun 1973. Pemugaran semakin intensif dilakukan tahun 1990an sampai tahun 2000an.
Ratu Boko, Yogyakarta
Pemandian

Tempat ini cocok untuk wisata keluarga ataupun untuk mencari objek foto. Pemandangannya juga cukup indah karena berada di atas bukit sehingga kita bisa melihat panorama yang cukup menawan. Candi Prambanan terlihat kokoh berdiri menjulang, di kejauhan apabila cuaca cerah dapat kita saksikan Gunung Merapi dengan asap solfataranya yang membumbung tinggi menjadi saksi bisu runtuhnya kejayaan Mataram Kuno.
Agendakan liburan anda ke tempat ini, dijamin tidak akan kecewa...
- Jelajahi Negerimu, Jelajahi Indonesiamu -

0 comments:

Posting Komentar