• LinkedIn
  • Join Us on Google Plus!
  • Subcribe to Our RSS Feed

Jumat, 18 November 2011

Tanah Lot, Tanah Keindahan

14.56 // by Wisnu Yuwandono // // No comments

Tanah Lot, Bali
Tanah Lot
Ada satu tempat di Bali yang cukup terkenal dan sering diabadikan dalam foto. Seringkali tempat ini dijadikan ikon Pulau Dewata, juga dijadikan gambar di kartu pos maupun perangko. Pura Tanah Lot, atau sering disebut dengan Tanah Lot, itulah nama tempat ini. Cukup terkenal karena bentuknya yang unik dan tempatnya begitu eksotik. Bagaimana tidak, Pura ini terletak di atas karang yang berada di depan pantai, saat gelombang pasang naik karang ini seperti berada di tengah laut.

Tanah Lot, Bali
Tanah Lot
Pura Tanah Lot terletak di daerah Canggu,  Kabupaten Tabanan, sekitar 25 km dari Denpasar.  Pura ini adalah salah satu objek wisata utama di Bali, jadi hampir selalu ramai dikunjungi wisatawan. Dan lagi pura ini merupakan pura penting di Pulau Bali, sehingga juga sering digunakan sebagai tempat upacara agama Hindu. Konon bangunan Pura Tanah Lot ini dibangun sekitar abad 16 dan merupakan pura laut tempat pemujaan dewa-dewa laut.
Tanah Lot, Bali

Di kompleks wisata ini masih ada satu pura lagi yang tak kalah unik. Pura ini juga berada di atas karang yang letaknya ‘lepas pantai’, bedanya ada jembatan alam yang menghubungkannya dengan daratan. Pura ini disebut Pura Batu Bolong. Mengapa disebut demikian, karena ‘jembatan’ penghubung ini berlubang atau bolong.
Pura Batu Bolong, Tanah Lot, Bali
Pura Batu Bolong

Kompleks Tanah Lot cukup luas, disamping wisata pantai, ada juga taman-taman yang cocok untuk wisata keluarga. Di waktu-waktu tertentu juga ada pertunjukan tari-tari tradisional Bali. Ada juga restoran yang terletak di atas tebing, akan sangat indah jika anda menjadikan tempat ini sebagai tempat melamar, pasti akan spesial,hehe. Pada saat saya ke tempat ini sedang diadakan resepsi pernikahan bule, begitu romantis suasananya.
Tanah Lot, Bali
Pura Batu Bolong
Hal yang sangat menarik lagi adalah menikmati sunset. Matahari terbenam terasa sangat indah dilihat dari beberapa titik di kompleks ini. Ketika melihatnya rasanya seperti ingin menahan sang surya untuk tetap dalam posisi yang sama, karena warna jingga yang mencolok itu terlihat begitu mempesona, membakar langit dari titik di ujung barat. Hmm, begitu indahnya ciptaan Tuhan, Subhanallah.
Pura Batu Bolong, Tanah Lot, Bali
Pura Batu Bolong

0 comments:

Posting Komentar